Minggu, 23 Mei 2010

Boston Consulting Group PT Panasonic Gobel Indonesia

  • Pengertian Boston Consulting Group (BCG)

Boston Consulting Group (BCG) adalah perusahaan konsultan manajemen swasta yang berbasis di Boston, ini merupakan pertumbuhan pangsa pasar yang dikembangkan dan dipopulerkan oleh seorang manajemen konsultan terkemuka.

Metode analisis Boston Consulting Group (BCG) merupakan metode yang digunakan dalam menyusun suatu perencanaan unit bisnis strategic dengan melakukan pengklasifikasian terhadap potensi keuntungan perusahaan (Kotler, 2002).


  • Matriks Boston Consulting Group (BCG)

Matriks BCG adalah perangkat strategi untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya berdasarkan pangsa pasar. Matriks BCG merupakan empat kelompok bisnis, yaitu :

  1. Bintang (Star) mewakili peluang jangka panjang terbaik untuk pertumbuhan dan profitabilitas bagi organisasi.
  2. Tanda tanya (Question Mark) memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah, tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat.
  3. Sapi perah (Cash Cow) memiliki pangsa pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang pertumbuhannya lambat.
  4. Anjing (Dog) dari organisasi memiliki pangsa pasar relatif yang rendah dan bersaing dalam industri yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh.

  • Analisis Boston Consulting Group (BCG) pada PT. Panasonic Gobel Indonesia

PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) melakukan kegiatan penjualan dan purna jual kepada para konsumen di Indonesia. Konsentrasi PGI terletak pada produk-produk ‘consumer electronic’ yang terdiri dari 2 kategori besar, yaitu Digital AV dan Home Appliances.

Sesuai diagram BCG Matrix, Digital AV dianggap sebagai Question Mark karena memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah, tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat, sedangkan Home Appliances dianggap sebagai Cash cows karena memiliki pangsa pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang pertumbuhannya lambat.

Pada Digital AV berada pada posisi Question Mark, PT. Panasonic Gobel Indonesia dapat memilih untuk melakukan strategi seperti organisasi harus memutuskan apakah akan memperkuat divisi ini dengan menjalankan strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, atau pengembangan produk) atau menjualnya. Sedangkan pada Home Appliances berada pada posisi Cash Cows, yaitu PT. Panasonic Gobel Indonesia dapat memilih untuk melakukan strategi seperti dapat mencoba melakukan strategi product development atau concentric diversification.









1 komentar:

  1. Ok...

    This might sound a little creepy, maybe even a little "supernatural"

    WHAT if you could simply press "PLAY" and listen to a short, "miracle tone"...

    And magically attract MORE MONEY to your LIFE???

    And I'm talking about BIG MONEY, even MILLIONS of DOLLARS!!!

    Sound too EASY??? Think this couldn't possibly be for REAL???

    Well, I'll be the one to tell you the news.

    Usually the greatest blessings in life are the easiest to RECEIVE!!!

    In fact, I'm going to PROVE it to you by letting you listen to a REAL "miracle abundance tone" I've produced...

    (And COMPLETELY RISK FREE).

    YOU simply hit "PLAY" and watch how money starts piling up around you.. starting pretty much right away..

    TAP here now to experience the mysterious "Miracle Money Tone" - as my gift to you!!!

    BalasHapus